[Solved] Mengatasi Masalah URL AMP Mengarah ke AMP yang Berdiri Sendiri

Bagaimana cara mengatasi error webmaster yaitu url amp mengarah ke amp yang berdiri sendiri? sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada kang Adhy Kompiajaib atas pencerahannya.

Biasanya masalah tersebut akan sobat alami ketika menggunakan amp khusus, maksudnya situs amp sobat hanya di mode mobile ?m=1 dan ?amp=1 bukan amp di semua mode (mobile dan desktop).

Untuk mengetahui situs sobat termasuk ke dalam amp khusus atau tidak, silahkan cek di sini https://search.google.com/test/amp

Jika hasil test situs sama dengan gambar di bawah, maka situs sobat AMP di semua URL baik via mobile ataupun dekstop, disebut juga AMP Umum.


Jika ada keterangan situssobat.com/?m=1 atau situssobat.com/?amp=1, situs sobat AMP hanya via mobile saja disebut juga AMP Khusus, hal tersebut mengakibatkan error di google webmaster.


Solusi dari url amp mengarah ke amp yang berdiri sendiri adalah menjadikan situs sobat valid amp di semua url baik mobile atau desktop (AMP Umum -red), berikut cara memperbaikinya.

Mengatasi URL AMP Mengarah ke AMP yang Berdiri Sendiri

  1. Ganti <html> dan <head> dengan kode di bawah ini
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<HTML amp='amp' b:css='false' b:js='false' class='no-js' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<b:attr name='xmlns' value=''/>
<b:attr name='xmlns:b' value=''/>
<b:attr name='xmlns:expr' value=''/>
<b:attr name='xmlns:data' value=''/>
<b:class cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;' name='static_page'/>

&lt;head&gt;

  1. Hapus kode di bawah ini
<link expr:href='data:blog.url + &quot;?m=1&quot;' rel='amphtml'/>

  1. Hapus kode di bawah ini
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' property='og:url'/>

  1. Ganti </head> dan <body> dengan kode di bawah ini
&lt;/head&gt;
&lt;body&gt;

  1. Ganti </body> dan </html> dengan kode di bawah ini
&lt;!--<head/>&lt;!--<body/>--&gt; &lt;/body&gt; 
</HTML>

  1. Finish

Setelah itu lakukan pengecekan validasi AMP di situs https://search.google.com/test/amp (lihat apa masih ada tulisan situssobat.com/?m=1 atau situssobat.com/?amp=1), jika sudah tidak ada, lakukan perbaikan (validasi) di google webmaster.

Video tutorial


Sekian informasi mengenai cara memperbaiki google webmaster URL AMP mengarah ke AMP yang berdiri sendiri, semoga bermanfaat.

Posting Komentar