[Solved] Mengatasi Stuck Syslinux Copyright H. Peter Anvin et al

Bagaimana cara mengatasi stuck pada saat instalasi Linux ke laptop atau pc dengan munculnya tulisan Syslinux 4.03 2010-10-22 EDD Copyright (C) 1994-2010 H.Peter Anvin et al atau SYSLINUX 4.04 EDD 2011-04-18 Copyright (C) 1994-2011 H. Peter Anvin et al?

Sudah download Ubuntu versi terbaru, atau versi distro lainnya? Jika belum silahkan kunjungi ubuntu.com dapatkan versi Ubuntu terbaru. Ketika dibuat postingan ini Ubuntu tersebut adalah versi 18.04 LTS.

Apa itu LTS? LTS adalah singkatan dari Long Term Service. Singkatnya, versi LTS didukung lebih lama (3-5 Tahun) dari pada versi non-LTS (6-18 bulan). Dukungan yang diberikan adalah berupa update paket paket yang bisa diunduh ke komputer sobat.

Permasalahan yang muncul ketika ingin meninstal linux adalah tulisan seperti gambar dibawah ini

Cara Mengatasi Stuck Syslinux Copyright H. Peter Anvin et al

Permasalahan terjadi karena software bootable yang sobat gunakan tidak cocok dengan sistem laptop atau komputer sobat, bukan karena rusaknya OS Ubuntu atau rusaknya flashdisk.

Ada beberapa software bootable yang biasa digunakan untuk instalasi Linux via Flashdisk, diantaranya Rufus, UNetbootin, Universal USB Installer, YUMI, Lili, Win32 Disk Imager dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk permasalahan Stuck Syslinux Copyright H. Peter Anvin et al, silahkan sobat buat lagi bootable flashdisk dengan menggunakan Win32 Disk Imager. Berikut settingan instalasinya:

1. Download Win32 Disk Imager dan install seperti biasa.
2. Masukan flashdisk kosong, ada isinya juga tidak apa2 karena nanti akan di format.
3. Jalankan softare Win32 Disk Imagner



4. Keterangan gambar sebagai berikut:
(1) Pilih lokasi .iso distro linux yang sudah sobat download
(2) Pada bagian Hash ubah ke MD5 kemudian Generate sampai muncul kode nya.
(3) Klik write untuk memulai proses bootable

5. Tunggu sampai selesai dan silahkan dicoba.
6. Finish

Lakukan instalasi linux seperti biasa dengan booting pertama diatur ke flashdisk. Itu saja informasi mengenai cara mengatasi stuck syslinux, semoga bermanfaat.