Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Apakah Sobat mempunyai phobia terhadap sesuatu? Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Hal ini akan berdampak pada emosi seseorang. Phobia biasanya disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya trauma itu membekas didalam kesadarannya.

Percayakah kamu jika ada yang bilang kalau manusia adalah makhluk Tuhan yang punya banyak sekali kecemasan dan ketakutan? Dalam dunia medis, hal yang sudah berlebihan itu bisa disebut phobia. Jika kamu tak tahu, penyebab phobia adalah rasa takut berlebihan terhadap sesuatu atau situasi tertentu tanpa ada alasan mendasar. Parahnya, ada beberapa phobia yang dianggap sangat aneh.

Berikut ini adalah salah banyak macam-macam Phobia yang bisa saja terjadi pada Sobat

Trypophobia


Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi
illustrasi

Mereka yang mengalami phobia ini cenderung sangat takut melihat pola-pola tak teratur atau lubang-lubang kecil. Saat melihat bagi secara langsung atau gambar, penderita bisa langsung berkeringat dingin, muntah, atau bahkan pingsan.

Scopophobia


Bagaimana rasanya jika kamu jadi pusat perhatian dan ditatap semua orang? Pasti mereka keren. Namun bagi penderita Scopophobia, tatapan banyak orang itu justru membuat takut dan canggung berlebihan sampai cemas.

Spectrophobia


Spectrophobia adalah takut melihat cermin. Mereka pengidap Spectrophobia akan kesulitan menatap bayangannya sendiri di cermin karena pikirannya menggiring ke penampakan sesuatu mengerikan dalam cerminan diri.

Automophobia


Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Merupakan ketakutan pada benda mati. Mereka beranggapan jika benda mati seperti patung, manekin dan sebagainya dapat berbahaya.
Saat bertemu dengan benda mati, penderita mengalami jantung berdebar-debar, sesak napas, napas cepat, tersedak, mual, muntah, diare, gemetar, berkeringat, pusing, dan insomnia.

Mysophobia


Mysophobia adalah takut pada kotoran. Mereka pengidap Mysophobia selalu merasa apa yang barusan disentuh itu bisa mengotori tubuh dengan virus atau bakteri. Sehingga Mysophobia selalu membawa alat pembersih pribadi.

Masklophobia


Masklophobia adalah takut pada kostum/maskot. Kalau kamu pergi ke taman bermain dan melihat seseorang menggunakan sebuah kostum tapi malah bikin kamu menangis atau takut, bisa saja kamu melihat Masklophobia.

Arachnofobia


Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Orang dengan Arachnofobia cenderung merasa tidak nyaman di tempat yang memiliki banyak jaring laba-laba. Mereka yang mengalami fobia ini bisa berteriak, menangis, memiliki ledakan emosional, pengalaman kesulitan bernapas, keringat deras, jantung berdebar-debar, bahkan pingsan ketika kontak langsung dengan daerah dekat laba-laba. Dalam beberapa kasus ekstrim, bahkan gambar laba-laba dapat memicu ketakutan yang intens.

Megalophobia


Megalophobia adalah takut pada benda berukuran raksasa. Kalau kamu merasa ngeri sampai tak bisa bergerak saat melihat obyek patung raksasa atau karya seni yang tampak jauh lebih besar dari aslinya, maka kamu Megalophobia.

Aichmophobia


Gunting, jarum, pensil, pisau adalah benda-benda tajam. Jika kamu merasa takut saat melihat benda-benda dengan ujung runcing seolah benda tajam itu bakal menembus perutmu, maka kamu pengidap Aichmophobia.

Claustrophobia


Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Takut ada di dalam kotak lift? Kamar yang terlalu sempit? Atau mobil kotak tertutup? Maka kamu menderita Claustrophobia. Pengidap Claustrophobia bisa mengeluarkan keringat dingin, cemas sampai sulit nafas jika ada di tempat sempit.

Socmephobia


Adalah takut pada jejaring sosial. Mereka yang mengidap Socmephobia, akan enggan memeriksa akun jejaring sosial lagi. Rasa takut ini dipicu karena kegagalan dan cemburu melihat status teman yang lebih menakjubkan.

Coulrophobia


Badut adalah sosok yang lucu? Tidak bagi pengidap Coulrophobia yang ternyata takut pada badut. Bagi pengidap Coulrophobia, sosok dengan kostum berwarna mencolok, make up konyol dan hidung atau bibir merah adalah mengerikan.

Dysmorphophobia


Jenis Phobia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Dysmorphophobia adalah takut jadi jelek. Mereka pengidap Dysmorphophobia tak segan-segan melakukan operasi plastik dan jika masih kurang puas, sampai nekat memutilasi wajah supaya tidak terlihat lagi.

Acrophobia


Adalah takut pada ketinggian dan dianggap sebagai phobia paling normal. Kalau kamu mengidap Acrophobia, biasanya saat ada di ketinggian dan melihat ke bawah (entah cuma beberapa meter), bakal merinding.

-----

Dan masih banyak lagi Phobia yang lainnya

Cara Mengatasi Phobia?


1. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda. Jangan malu untuk mengakui fobia Anda.
2. Ingatlah fobia khusus dapat diterapi setelah beberapa sesi.
3. Hindari keadaan yang membuat stress sedapat mungkin.
4. Olahraga untuk menurunkan kecemasan.
5. Hindari hal yang menyebabkan Anda takut.
6. Hubungi dokter Anda jika Anda terkena serangan panik lebih sering. Hubungi jika Anda mengalami komplikasi fisik yang disebabkan oleh cemas atau depresi dan jika Anda memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Tidak ada yang lebih penting selain meminta perlindungan kepada Allah SWT, berserah diri dan beribadah, agar hati tenang.