Cara Membuat Postingan Untuk Blogger Pemula

Untuk seorang blogger pemula, hal yang harus pertama kali di kuasai adalah bagaimana cara membuat postingan, khususnya cara membuat postingan agar rapi sehingga mudah terindex oleh google. Alangkah baiknya sobat mengetahui juga kode HTML sederhana untuk menunjang postingan yang akan sobat buat.

Membuat postingan ada seninya, tidak asal membuat postingan dan melupakan kode HTML yang dibentuk oleh postingan itu sendiri, semakin banyak kode HTML ‘aneh’ yang dibentuk oleh postingan kita, semakin buruk juga posisi konten di mata search engine. Dalam hal lain dapat mengakibatkan rusaknya layout blog itu sendiri.

Pengaturan Standard Membuat Postingan

1. Ketika ingin membuat postingan, ubah mode postingan dari “Compose” ke “HTML” dan setting menu “Options” seperti gambar di bawah ini.

2. Untuk memasukan gambar, gunakan icon Insert Image yang ada di atas postingan, upload seperti biasa, dan pilih Original size kemudian Ok.

3. Telihat pada gambar yang diberi seleksi biru adalah kode HTML yang dihasilkan setelah sobat upload image dan menambahkannya ke dalam postingan.

4. Tulis postingan dengan normal seperti biasa, gunakan enter untuk memisahkan tulisan menjadi beberapa paragraf.

Jika artikel copy/paste dari blog lain, microsoft word, dll, silahkan langsung paste-kan atrikel tersebut dalam mode format postingan “HTML” jangan format “Compose”, sehingga kode-kode yang tersembunyi tidak akan terbawa.

5. Tambahkan Judul, pilih Label, setting Permalink sesuai keinginan, setelah itu Publish
6. Finish

Kode HTML Basic yang Wajib Tau

Untuk menambah beberapa gaya pada tulisan yang sudah Sobat buat, seperti membuat tulisan tebal (bold), garis miring, link dll, sebaiknya Sobat perlu mengetahui basic HTML berikut ini.

  • Membuat Tulisan Bold/ Tebal : <b>kangibay.net</b> jadinya: kangibay.net
  • Membuat Tulisan Miring : <i>kangibay.net</i> jadinya: kangibay.net
  • Membuat Link : <a href="https://www.kangibay.net">kangibay.net</a> jadinya kangibay.net
  • Membuat Tulisan Header: <h3>kangibay.net</h3> jadinya:

    kangibay.net

    – bisa menggunakan h1, h2, h3

Nantinya Sobat bisa membuat tulisan tebal/ header untuk judul di dalam postingan, tulisan miring untuk bahasa inggris dan seterusnya, supaya tidak flat a.k.a ada variasinya.

Penutup

Dibawah ini adalah kode HTML yang dibentuk oleh postingan ini, meski dalam format HTML sobat masih bisa membacanya dengan jelas

Silahkan bandingkan dengan kode postingan sobat dalam mode HTML? jika banyak kode aneh yang di hasilkan oleh postingan tersebut, berarti postingan sobat termasuk kategori ‘buruk’ di mata search engine.

Itu saja informasi mengenai cara setting blogger sebeblum membuat postingan, biasakan ketika membuat postingan dalam format HTML, semoga bermanfaat.

Leave a Comment