Siapa Tau Tahun Depan Kita Serumah

Advertisement

"Main-mainlah kerumah, siapa tau tahun depan kita serumah" masih ingat dengan kutipan tersebut? kalo ingat dan pernah menggunakannya menjadi status profil atau lainnya, pasti sobat jomblo sejati. haha..

Suatu hari..

Kamu : Lagi apa?
Aku : Lagi sibuk review, belum kelar
Kamu : Lama banget, Serumah apaan sih? Website penawaran rumah?
Aku : *speechless

***

Pada postingan kali ini saya akan me-review tentang startup keren cetusan anak muda Indonesia yang bisa memfasilitasi sobat menemukan tempat berlindung (halah).

Serumah.com adalah situs yang memberikan layanan untuk mencari teman sekamar, sekamar disini maksudnya bisa berbagi kamar, dalam hal ini jika sobat mempunyai kamar yang bisa disewakan daripada di isi oleh makhluk halus, alangkah baiknya di isi oleh manusia.



Pun ketika sobat ngekost, merasa berat menanggung beban hidup sendirian, bisa berbagi saling membantu karena ada yang menemani kerasnya kehidupan sobat, yaitu membayar kost bareng.

Itulah fungsi dari teman sekamar. dan itu lah maksud tujuan dari Serumah menurut ke so-tau-an gue! hehe.

Fungsi lain menurut saya, jika sobat ingin bepergian ke suatu kota, bingung dari pada nyewa hotel mending pilih alternatif mencari seseorang yang menyewakan kamarnya untuk sobat tiduri. Selain lebih hemat, teman sobat pun bertambah, kedepannya karena sudah berteman, ga harus sewa lagi, haha.

Tidak hanya tentang mencari teman sekamar, Serumah juga memfasilitasi jika sobat mempunyai kost-kostan, apartemen, rumah dll yang ingin disewakan bisa di iklankan disana. (tanya: kalau jualan properti bisa ga ya?)

Penasaran? Silahkan kunjungi situs www.serumah.com, dan rasakan pengalaman baru dalam mencari teman berbagi dan tempat tinggal -sementara- paling cocok untuk sobat.

Pengalaman mencoba Serumah




Setelah saya menggunakan situs tersebut dan mencoba beberapa fitur didalamnya, ada beberapa bagian yang harus saya sampaikan, sebagai seorang user.

1. Tidak ada Pop-Up


Selesai melakukan Sign-Up, sebaiknya di buatkan Pop-up, yang menginformasikan bahwa "Kamu sudah bisa login" / "cek email kamu", pertama kali saya selesai sign-up kok hening, eh pas klik lagi Sign-in baru ada info disana yang mengatakan "Kamu sudah bisa login".

Kalo sebetulnya ada, berarti browser saya tidak support javascript nya :')

2. Tidak bisa save profile




Saya sudah isi semua tetapi tidak bisa save ada peringatan -lihat gambar-, btw saya memilih option "sedang menyewa", kenapa bisa seperti itu? sedang error kah? atau ada sikap saya yang salah? :)

Beda ketika saya pilih option "sedang mencari kamar", masalah tersebut tidak ditemukan, alias bisa di-Save.

3. Menghilangkan Profil di Orang yang mencari kamar


Biodata kita akan muncul di Cari Roommate "Orang yang mencari kamar", masalahnya jika kita sudah tidak mencari kamar lagi gimana?. Alangkah baiknya kita bisa menghapus informasi yang muncul tersebut. misalnya di pengeditan profile ada menu private yang membuat biodata kita tidak muncul lagi.



Problem solved: edit profile sobat dari option "Sedang mencari kamar" ke option "Penyewa terdahulu", maka profile sobat tidak akan muncul di halaman Cari Roommate "Orang yang mencari kamar".

Terus profil kita muncul dimana? entahlah... :)


Ps: Dalam tampilan "orang yang mencari penyewa" dari pada Rp dibiarkan kosong begitu saja, baiknya di ganti dengan informasi lokasi si pencari penyewa tersebut ;)

4. #gagalpaham, Mau berbagi kamar:


Pertanyaan ini yang saya baru pahami (lagi lola nih otak kayaknya), akan sobat temukan ketika mengedit profil. Awalnya bingung maksud pertanyaan tersebut, setelah beberapa kali bolak balik baru paham.



Jika nantinya sobat mau sekamar dengan penyewa atau engga. makanya ditanya mau berbagi kamar apa engga? begitu. Pengantar saya sebelumnya, bahwa situs ini bisa mencari teman yang mau kamarnya dibagi bukan cintanya. :')

5. Kamar Kost Saya ada 15 Kamar (iklan)


Sekarang kita jalan-jalan ke menu Tambah properti baru di Profile. Saya ingin mengiklankan kost-kostan di daerah Malang, saya kesulitan menambahkan kamar yang berjumlah 15 karena sistem dari Serumah hanya membatasinya sampai 10.



Sebaiknya jumlah kamar jangan berbentuk dropdown list, tampilkan saja kolom isian (baca: input type:text) jadi bebas menambahkan jumlah kamar, bisa dibatasi sampai 2 variable nantinya 0-99 tidak bisa ratusan.

Setelah klik tombol "Selanjutnya" kan muncul isian sebagai berikut:



Kenyataannya kost-kostan saya ada 15 kamar isinya laki-laki semua, ada 1 kamar kosong, berarti yang sudah terisi ada 14. Sistem dari Serumah harus menginformasikan jumlah penghuni kamar.

Problem pun muncul kembali, terlihat dropdown list membatasi jumlah laki-laki hanya sepuluh, akibatnya 3 orang otomatis jadi perempuan, padahal kenyataannya tidak demikian. kasian beberapa penghuni kost dianggap perempuan, hihi..

Saran saya seperti yang pertama, jangan berbentuk dropdown list, input text aja seperti biasa. Kedepannya agar Serumah bisa memfasilitasi tempat kost yang masyarakatnya banyak. Kecuali isian ini tidak mempengaruhi apa-apa. bisa user isi informasi ngasal, seperti isian saya tadi.



Setelahnya.. tidak ada masalah, dan saya sukses mengiklankan kamar, hanya saja ga bisa upload foto uy, di klik "Pilih Foto" ga muncul-muncul.

Bisa sobat cek beberapa kamar yang sudah sobat iklankan dan mengeditnya jika diperlukan, pada profil dalam menu "Iklan kamar saya"

5. Ada lagi yang lain?


Saya rasa itu saja dulu yang saya temukan ketika berselancar di situs Serumah, akan saya update kemudian, jika menemukan problem kembali.



Beberapa fitur seperti mencari "Kamar Sewa" atau mencari "Roommate" tidak ada kendala. Semua berjalan lancar, hanya saja database nya belum banyak -karena baru beroprasi bulan Juli 2016- jadi informasi penyewa, teman sekamar, di beberapa daerah seputar Indonesia masih kosong.

Oke itu saja dulu perjalanan saya, tamat? saya rasa belum, hehe.. ada beberapa bagian yang belum saya tau alurnya, yaitu option

  • Penyewa terdahulu
  • Pemilik properti yang tinggal di sana
  • Pemilik properti yang tidak tinggal di sana
  • Agen

Juga informasi mengenai akses "premium" yang katanya akan user dapatkan jika ingin mendapat fasilitas lebih yang tentu ada biaya charge-nya, fasilitas seperti apa? saya juga belum tau.

Mudah-mudahan informasi yang belum saya ulas disini (baca: tutorial untuk user awam) sudah diinformasikan pada blog Serumah, FAQ dll. Adakalnya informasi seperti itu sangat penting, sebagai panduan untuk user awam seperti kebanyakan teman kost saya :p.

Ini review atau apa sih? hehe :). Gpp ya, untuk masukan kepada sistem analis-nya Serumah, harapan saya semoga Serumah.com tidak berhenti sampai disini dan bisa terus maju (bukan berkembang)!. Indonesia saja disebut negara berkembang ga maju-maju, pantas saja karena negara berkembang hanya bisa ngembang.

Cheers! Warm Regard,
Salam,
Admin

Advertisement

Menulislah karena ingin, semaumu, semampumu, sebab kau takkan tau seberapa besar manfaat dari apa yang kau tuliskan.

Silahkan berkomantar dengan bahasa Indonesia yang kamu bisa.
EmoticonEmoticon