Maksud Arti La Nina

La Nina adalah fenomena turunnya suhu permukaan air laut di Samudera Pasifik dan suhunya lebih rendah dibanding kawasan sekitarnya.

Terjadinya La Nina menyebabkan dampak yaitu wilayah Indonesia akan mengalami intensitas hujan lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Timbul pertanyaan, mengapa fenomena lautan yang terjadi di Samudera Pasifik berpengaruh terhadap cuaca dan curah hujan di Indonesia?

Hal ini disebabkan karena adanya Sirkulasi Walker yang berputar sejajar dengan garis khatulistiwa. Seperti yang kita ketahui, wilayah Indonesia dilintasi oleh garis imajiner tersebut.

Sirkulasi Walker terjadi akibat dari gaya gradien tekanan yang berasal dari satu area tekanan udara tinggi di wilayah timur Samudera Pasifik dan satu area tekanan udara rendah di wilayah archipelago Indonesia.




Berdasarkan gambaran diatas, pada kondisi netral Sirkulasi Walker di Indonesia berbentuk konvergen (naik), sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif yang menyebabkan hujan.

Ketika La Nina terjadi, maka Sirkulasi Walker akan menyebabkan potensi pertumbuhan awan konvektif meningkat dan berpengaruh terhadap curah hujan yang tinggi.


Proses Terjadinya La Nina

La Nina terjadi melalui proses-proses yang bertahap. Meski sulit diperkirakan, namun secara umum proses fenomena La Nina terjadi karena kondisi berikut:

1. Menguatnya Angin di Samudera Pasifik

Fenomena La Nina terjadi sebagai akibat dari turunnya suhu di permukaan samudera pasifik bagian timur. Pada saat yang sama, angin pasat timur juga bertiup dan menguat di kawasan samudera pasifik.

2. Massa Air Hangat Terbawa Arus

Adanya angin kencang yang bertiup di wilayah samudera pasifik, maka akan massa air hangat akan terbawa ke arah barat samudera pasifik dalam jumlah yang signifikan.

3. Terjadinya Upwelling

Terbawanya massa air hangat ke wilayah perairan pasifik barat dalam jumlah besar akan berakibat massa air dingin di pasifik timur bergerak ke atas dan menggantukan massa air hangat yang mengarah ke pasifik barat. Kondisi demikian disebut dengan Upwelling yang terhadi akibat pergantian massa air yang berbeda suhu di perairan laut.


Dampak La Nina

Dampak La Nina secara global adalah sebagai berikut:

  1. Menguatnya angin pasat timur
  2. Sirkulasi Monsoon ikut menguat
  3. Wilayah pasifik bagian timur akan mengalami penurunan akumulasi curah hujan sehingga mengakibatkan cuaca lebih dingin dan kering
  4. Wilayah pasifik ekuatorial barat seperti Indonesia, Malaysia dan Australia bagian utara akan berpeluang mengalami curah hujan yang tinggi. Kondisi tersebut diserta cuaca yang lebih hangat dan lembab


sumber : di sini

You Might Also Like:

Posting Komentar