Mudah Install Semua Hardware di Windows

Setelah selesai menginstall windows, kamu belum bisa menggunakan komputer/ laptop karena belum berfungsi 100% yang ditandai dengan tampilan layar masih besar-besar, speaker tidak bersuara, wifi tidak berfungsi, dll.

Hal ini disebabkan karena kamu belum menginstall driver hardware yang ada di komputer/ laptop, driver diperlukan oleh windows untuk bisa berkomunikasi dengan hardware (chipset, vga, printer, USB, processor, mouse, keyboard, dll).

Mmemang secara default windows menyediakan driver standar yang telah terinstall setelah kamu selesai instal ulang windows, namun tetap saja ada beberapa part yang belum terkoneksi antara windows dan hardware komputer/ laptopnya.

Cara menginstall driver windows sekarang sangat mudah, asal laptop atau komputermu punya sambungan internet, semua bisa dikerjakan secara cepat dan otomatis.

Instal Semua Hardware Melalui Situs Resmi Laptop


Kamu hanya perlu mendownload driver VGA, WiFi, Touchpad, Bluetooth dan LAN.

1. Kunjungi situs web produsen komponen dan unduh driver Windows terbaru.

Cari nama produsen komponen di Google dan temukan situs webnya. Lihat di bagian Dukungan, Driver dan Tools, atau area Layanan Pelanggan situs web. Di sana, kamu biasanya perlu memasukkan nomor modelnya, dan sistem operasi komputer Anda (Windows 10) sebelum situs web mengeluarkan driver.

Tidak ada driver Windows 10 yang terdaftar? Coba unduh driver Windows 8.1, 8, atau 7, sebagai gantinya - mereka kadang-kadang berfungsi dengan baik.

Cara cepat ketikan langsung di google, contoh : driver laptop Asus A455LB ( lihat gambar judul )

2. Jalankan program pemasangan driver yang sudah kamu download.

Langsung klik saja setup.exe atau hal semacamnya agar instalasi berjalan. Jika dalam format .rar, langsung saja jalankan didalamnya tanpa perlu di extract.

3. Restart untuk melihat hasilnya

Instal Semua Hardware dengan Software


Adakalanya kamu ingin mendownload driver untuk komputer, yang mana komputer kamu adalah rakitan, tidak seperti laptop yang cukup ketikan di google merk dan tipenya.

Ada software yang membantu menemukan driver (hardware) yang terdapat dalam CPU/ motherboard. Ini lebih memudahkan karena kamu tinggal klik dan nanti akan mengarahkan ke situs download drivernya.

Nama softwarenya adalah 3DP Chip

1. Download dan Install 3DP chip (ketika instal wajib nonaktifkan internet)
2. Pilih driver yang diperlukan


info : jika di VGA ada tanda panah, silahkan didownload dua-dua nya, untuk sound (lihat gambar) meskipun ada 3, download salah satu saja.

3. Download hasil pencarian drivernya



4. Instal hasil download seperti biasa
5. Finish

Itu saja cara instal semua hardware di Windows 10, saya lebih memilih menggunakan software 3DP Chip, selain lebih mudah, juga tidak perlu repot-repot mencari berdasarkan tipe laptop, karena sudah pasti kompatibel. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar