Review Film Parasite (2019)

Untuk sebuah film yang digadang gadang sebagai "film terbaik sejauh ini di 2019" tentunya saya masuk bioskop dalam keadaan menaruh ekspektasi tinggi pada film Parasite ini. Terlebih, banyak kritikus film dalam negeri yang memberikan nilai sempurna untuk reviewnya.

SPOILER!!!!

Film ini menceritakan kisah keluarga miskin pengangguran yang kemudian dengan bermodalkan kebohongan, mereka bisa bekerja di tempat yang layak. Sampai nantinya muncul konflik

Review Film Parasite (2019)

Saya mau mulai dari "nilai jual" film ini

1. Akting dan Penokohannya luar biasa kuat. Bisa dibilang, semua peran disini mengintrepertasikan macam-macam manusia di dunia saat ini. Penggambaran sosok, tindakan, ekspresi dan emosi semuanya pas.

2. Selipan-selipan makna kehidupan mendalam di scenenya secara tersirat. Banyak adegan yang kalau kamu sadar itu bermakna satir. Satu contoh, adegan si anak cowok nurunin tangga dalam keadaan hujan. Itu semacam tangga penurunan kasta. Barusan ia merasa "diatas" namun kini ia berjalan kebawah. Ke realita. Dan banyak lagi yg lain.

3. Genre yang ditabrak tabrakkan dengan GILA! Yap. Kalian bisa menemukan perpaduan yang unik dari comedy, dark comedy, thriller, gore dan romance dalam film ini. Lengkap dan transisi antar genre ini bisa ngebawa kamu ketawa saat komedi, deg degan saat thriller, sedih saat momen sedih. Penonton tidak hanya diajak "menonton" tapi juga bersimpati atas apa yg dilakukan tokoh.

4. Film yang akan membuatmu berdebat karena banyaknya tafsir yang mungkin terjadi dan muncul dikepalamu pasca menontonnya

Namun, agak terlalu keberatan jika saya harus memberi nilai sempurna bagi film ini karena masih ada beberapa cedera dan celah yang membekas, diantaranya.

1. Saya harap akan ada ekspose khusus kepada si supir yang dipecat karena ulah keluarga itu.
2. Adegan mabuk-mabukan di meja malam-malam, itu super boring.
3. Tidak ada efek dari si anak kaya mengetahui morse dari bawah tanah. Jadi sia sia aja dia nulis "help" tapi gatau apa apa.
4. Pada momen sedih, set suasana dan konfliknya kurang ngena. Saya nyoba masuk ke sedihnya, tapi entah kenapa gabisa relate.

Sempurna? Untuk saya yang orang awam, saya rasa tidak.. namun harus saya akui sentilan2 moral di film ini sangat dalam dan patut diapresiasi.

8/10

sumber : @mwv.mystic

Posting Komentar

0 Komentar