Cerita Dibalik 21 Nama Perusahaan Besar Dunia

Ada banyak produk dan layanan yang kita gunakan setiap hari, banyak yang langsung kita kenali dari logo mereka atau bahkan tagline. Namun, kebanyakan dari kita tidak tahu arti sebenarnya atau asal usul nama-nama tersebut. Meskipun itu mungkin tidak berada di atas daftar 'hal-hal yang perlu anda ketahui', tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui latar belakang nama-nama besar tersebut bermula.

Jadi, berikut adalah daftar perusahaan teratas dengan informasi menarik tentang dari mana mereka mendapatkan nama mereka, berikut informasinya

Adobe


Nama itu berasal dari sungai Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah pendiri John Warnock.

Alfabet (Google)


Pada 2015, Larry Page, yang saat itu CEO Google, mengumumkan restrukturisasi perusahaan dalam sebuah pengumuman besar, sehingga menciptakan perusahaan induknya yang bernama "Alphabet". Dia berkata, “Kami menyukai nama Alphabet karena itu berarti kumpulan huruf yang mewakili bahasa, salah satu inovasi terpenting umat manusia, dan merupakan inti dari bagaimana kami mengindeks dengan pencarian Google!

Kami juga menyukai itu artinya taruhan alpha (Alpha adalah pengembalian investasi di atas tolok ukur), yang kami perjuangkan!”

Amazon


Sang pendiri menginginkan sesuatu yang "eksotis dan berbeda" dan memilih Amazon , menarik referensi antara sungai Amazon terbesar di dunia dan apa yang ia bayangkan sebagai perusahaannya benar-benar besar.

Nama ini, bersama dengan tagline situs "Toko buku terbesar di bumi".

Amazon Kindle: Jika Anda bertanya-tanya apa arti "Kindle" di Amazon Kindle, itu adalah 'menyalakan api' dan e-reader Kindle dimaksudkan untuk menyalakan kembali kegembiraan membaca dan mendapatkan pengetahuan baru.

Apple




Steve Jobs terlambat tiga bulan dalam mengajukan nama untuk bisnisnya, dan ia mengancam akan memanggil perusahaannya Apple Computers (yang merupakan buah kesukaannya) jika rekan-rekan lainnya tidak menyarankan nama yang lebih baik sampai jam 5. Karena tidak ada yang menyarakan nama sebelum waktu tersebut, nama Apple yang dipilih.

Cisco


Nama itu bukan akronim tetapi singkatan dari San Francisco. Logo perusahaan mencerminkan warisan nama San Francisco-nya. Ini mewakili Jembatan Golden Gate-nya.

Dell


Ketika Michael Dell, pendiri dan CEO perusahaan, bekerja dari kamar asrama Universitasnya, dia memberi nama perusahaannya "PCs Limited". Pada tahun 1987, ia muncul dengan nama "Dell Computer Corporation", sambil berfokus pada ekspansi globalnya.

Pada tahun 2003, ia kembali berubah menjadi "Dell Inc." untuk mengenali bisnis lainnya selain dari bisnis tradisional penjualan PC.

Facebook


Mark Zuckerberg mendirikan Facebook saat belajar di Universitas Harvard pada tahun 2004. Dia menyebut jaringan itu sebagai "Facebook" setelah memberikan lembaran kertas kepada mahasiswa baru untuk membuat profil mereka.

Kemudian pada tahun 2005, ketika ia bisa mendapatkan domain "facebook.com", nama terakhirnya adalah "Facebook".

Hewlett Packard


Bill Hewlett dan Dave Packard melempar koin untuk memutuskan apakah perusahaan yang mereka dirikan akan disebut Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. Tebak siapa yang menang.

IBM


Pada Juni 1911, perusahaan ini dibentuk sebagai penggabungan tiga perusahaan manufaktur dengan nama "The Computing-Tabulating-Recording Company". Pada 1924, Thomas Watson Sr., CEO perusahaan saat itu, mengganti nama CTR menjadi “International Business Machines” untuk mempromosikan ekspansi.

Instagram


Para pendiri Instagram menginginkan nama yang menggambarkan tindakan merekam sesuatu disini, saat ini.

Intel


Bob Noyce dan Gordon Moore ingin menamai perusahaan baru mereka 'Moore Noyce' tetapi itu sudah memiliki merek dagang oleh jaringan hotel, jadi mereka harus puas dengan akronim dari INTegrated ELectronics.

Microsoft


Itu diciptakan oleh Bill Gates untuk mewakili perusahaan yang dikhususkan untuk MICROcomputer SOFTware. Awalnya dinamai Micro-Soft, tanda hubung itu dihapus kemudian.

Mozilla


Mozilla adalah portmanteau (kata yang memadukan suara dan menggabungkan makna beberapa kata) dari kata "Mosaic" (yang merupakan browser yang berkontribusi pada popularitas web) dan "Godzilla".

Netflix


Netflix adalah kata campuran yang membawa kata-kata “net” dari kata “internet” dan versi flick yang bergaya, flix, yang artinya film. Dengan demikian menggabungkan kedua istilah memberi nama "Netflix", yang berarti portal film online.

Sega


Kata "Sega" adalah akronim untuk "Service Games" . Perusahaan ini awalnya berkecimpung dalam bisnis pembuatan mesin hiburan berbasis koin, yang direncanakan akan ditempatkan di pangkalan militer, melihat permintaan selama ambang Perang Dunia II.

Itulah mengapa itu secara resmi ditata sebagai "SEGA".

Skype


Para pendiri Skype awalnya menyebutnya "Sky Peer-to-Peer" untuk mempromosikan penggunaannya menghubungkan panggilan di atas langit (secara nirkabel) menggunakan teknologi peer-to-peer. Namun, nama itu akhirnya dikurangi menjadi hanya "Skype".

Sony


Dari kata Latin 'sonus' berarti suara, dan 'sonny' bahasa gaul yang digunakan oleh orang Amerika untuk menyebut anak muda yang cerdas.

Spotify


Co-founder perusahaan berbagi fakta bahwa nama Spotify tiba ketika salah satu dari mereka salah dengar saran sebagai "spotify" saat brainstorming. Ketika Google tidak menunjukkan hasil apa pun untuk kata tersebut, mereka dengan cepat membeli nama domain dan mendirikan perusahaan mereka.

Kemudian, mereka datang dengan konstruksi setelah itu bahwa "Spotify" dicampur dari kata "spot" dan "identify".

Uber


Awalnya dimulai sebagai UberCab, nama perusahaan adalah referensi ke kata yang agak akrab "uber", yang diterjemahkan menjadi teratas, unggul, atau di atas. Setelah perusahaan menerima keluhan dari pengemudi taksi San Francisco pada tahun 2011, Uber menghapus kata "Cab" dari namanya dan menjadi "Uber".

Ubuntu


Ubuntu adalah kata Zulu yang berarti "Kemanusiaan untuk Orang Lain", sebuah gagasan yang cukup mulia untuk perangkat lunak open source, dan karenanya sangat cocok.

Wikipedia


Wiki berarti "cepat" dalam bahasa Hawaii dan kata itu sebenarnya adalah gabungan dengan bagian dari kata ensiklopedia.

Posting Komentar

0 Komentar