The Panas Dalam Bank yang belum lama ini sukses mengisi soundtrack Dilan 1990, kini kembali hadir dengan single terbaru mereka yang berjudul Koboy Kampus, sebuah lagu yang dijadikan soundtrack untuk film terbaru mereka bertajuk Koboy Kampus – Understanding The Panasdalam.

Film yang menceritakan perjalanan Erwin, Nawa Luba, Nandang, Roy, Pidi Baiq, Alga Indria, dan Budi Biola dari awal mulainya karir bermusik ini mengambil latar tahun 1995-1998 di Kota Bandung, Jawa Barat.

ost film koboy kampus

"Kisah The Panasdalam sebenarnya pernah dibuat film dokumenternnya waktu tahun 2013. Waktu itu seorang pembuat film dokumenter dari Jepang membuat kisah The Panasdalam bersama Tubagus Deddy," tutur Pidi Baiq, dalang dibalik terbentuknya The Panasdalam.

Seperti halnya lagu-lagu The Panasdalam lainnya, lagu Koboy Kampus juga dihiasi dengan lirik-lirik sederhana dan jenaka ditambah dengan alunan musik yang membuat lagu ini mudah diingat dan dinikmati oleh para pendengarnya.

Lagu Koboy Kampus sendiri lebih mengarah pada cerita kehidupan secara umum, hal ini mengacu pada filmnya yang menceritakan kehidupan mahasiswa pada jaman itu termasuk juga berbagai konflik serta drama percintaan yang mereka alami.

Mempertahankan ciri khas mereka yang tidak hanya menghibur lewat nada-nada yang mudah didengar dan diterima tapi juga mengandung pesan yang disuratkan melalui lirik-lirik lucu yang mengena bagi pendengarnya, lagu Koboy Kampus menjadi sebuah tahap awal yang menandakan perilisan film yang disutradari oleh Pidi Baiq itu sendiri.

Lirik The Panasdalam Bank - Koboy Kampus feat. Pidi Baiq



Lalu kapan saya akan diwisuda?
Adik kelas sudah lebih dulu
Hati cemas merasa masih begini
Teman baik sudah di-DO

Orang tua di desa menunggu
Calon istri gelisah menanti
Orang desa sudah banyak menganggap
Aku jaya di negeri orang

Tolonglah diriku
Koboi kampus yang banyak kasus
Diriku cemas
Gelisah sepanjang waktu-waktuku

Bagaimana begini saja?
Luluskan apa adanya
Bagaimana begitu saja?
Nanti kayak bapak dibagi

Dosen sentimen


Lirik The Panasdalam Bank - Bersatulah Indonesia feat. Pidi Baiq



Negeriku Indonesia
Tanah air pusaka
Bangsaku Indonesia
Tanah lahir ku cinta

Bahagialah semua rakyatnya
Sejahteralah sepanjang masa
Mulialah para pemimpinnya
Sehat adil dan bijaksana

Berkibarlah bendera dan jaya
Di angkasa nusantara
Agama suku dan budaya
Bersatulah Indonesia