Random Posts

Review Film Belok Kanan Barcelona (2018)

Kehadiran Francis (Morgan Oey), diwilayah tempat tinggal Retno (Mikha Tambayong), Yusuf (Deva Mahenra), dan Farah (Anggika Bolsterli), membuat persahabatan mereka semakin berwarna. Apalagi ia juga masuk di SMA yang sama dengan ketiganya. Namun seiring berjalannya waktu, paras tampan Francis yang juga berbakat memainkan piano, membuat Retno serta Farah menaruh hati padanya.

Sebaliknya, Francis sebenarnya juga naksir Retno yang pintar memasak tapi keduanya terbentur oleh keyakinan yang berbeda. Lain halnya dengan Farah, yang rela menyimpan perasaannya kepada Francis demi Retno, meskipun Yusuf menunjukkan ketertarikan kepadanya.

belok kanan barcelona

Setelah keempatnya lulus SMA dan sukses berkarir di luar negeri, mereka masih rutin berhubungan melalui internet. Suatu ketika, Francis mengumumkan kalau dirinya akan menikah dengan Inez (Millane Fernandez), mendengar pengumuman itu, Retno, Farah, dan Deva sangat terkejut sekaligus bahagia. Mengetahui salah satu sahabatnya akan melepas masa lajang, Retno berniat untuk mengungkapkan perasaannya yang sudah lama tersimpan di Barcelona, Spanyol, hal itu juga memotivasi Farah, yang ingin melakukan tindakan serupa. Keadaan semakin rumit ketika Inez mengetahui rencana tersebut.

Kisah di atas merupakan cerita awal dari film terbaru produksi Starvision, Belok Kanan Barcelona, yang diadaptasi dari novel laris karya Aditya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, dan Iman Hidayat, berjudul Traveler's Tale, Belok Kanan: Barcelona! Dapat diketahui dari judulnya, proyek tersebut menyajikan latar belakang lokasi di beberapa negara mulai dari Vietnam hingga Spanyol.

belok kanan barcelona

Total, film arahan Guntur Soeharjanto tersebut melakukan proses syuting di 4 benua (Amerika, Eropa, Asia, Afrika), yang dipaparkan secara apik, seimbang dan jauh dari kesan berlebihan. Banyak adegan-adegan yang disajikan di Belok Kanan Barcelona jarang terlihat di layar lebar Indonesia lain, bahkan ini menjadi film nasional pertama yang menggunakan setting di gurun Sahara, Maroko, yang kerap menjadi tempat syuting film-film besar Hollywood.

Tentu keunggulan film berdurasi 107 menit ini tidak hanya dari lokasinya saja. Bisa dikatakan, Belok Kanan Barcelona adalah sebuah paket lengkap yang menawarkan tentang perjuangan cinta, persahabatan khas remaja, komedi yang kuat, serta perjalanan karakternya melintasi 4 benua.

Secara keseluruhan, Belok Kanan Barcelona adalah film yang menghibur dan memiliki kekuatan di cerita, karakter, serta lokasinya. Perasaan kompleks yang dialami oleh Francis, Retno, Farah, lalu Yusuf, berpotensi mewakili pengalaman asmara penonton. Dengan kata lain, layar lebar ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Tentunya, pesan moral tentang persahabatan, kekeluargaan, serta pentingnya kejujuran.

Apa yang dilakukan Francis, setelah Retno dan Farah, berusaha menemuinya? Akankah Yusuf, bisa mendapatkan hati Farah?

Posting Komentar

0 Komentar