Cara Cepat Mengambil Tampilan Layar untuk Windows dan macOS

Bagaimana cara mengambil seluruh atau sebagian gambar layar komputer atau laptop? Entah sobat ingin mendiskusikan sesuatu dengan tim sobat, memberikan panduan tutorial tentang suatu proses, atau hanya melemparkan gosip seputar percakapan yang Anda lakukan dengan seseorang, screenshot adalah cara terbaik untuk melakukan semua itu.

Dan ketika sobat dengan cepat ingin mengambil dan membagikan screenshot, cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui shortcut keyboard. Shortcut keyboard membuat produktivitas sobat semakin meningkat, tetapi hanya jika sobat tahu bagaimana cara menggunakannya.

Jadi, bagi mereka yang ingin mengambil screenshot atau printscreen baik di Windows atau macOS, berikut adalah shortcut keyboard screenshot yang sobat cari. Mari kita menyelaminya.


Windows Keyboard Shortcut


Windows secara native memungkinkan sobat untuk menangkap seluruh layar atau layar yang aktif tanpa bantuan perangkat lunak pihak ketiga. Begini cara melakukannya.

  • Dengan menekan tombol PrtScn (pada keyboard), ia menyimpan seluruh layar di Clipboard, menunggu sobat untuk menempelkannya (CTRL+V) di editor teks (contoh: MS Words, Paints, Whatsapp Web) atau editor gambar untuk tindakan lebih lanjut.

screen capture windows

  • Dengan menahan tombol Alt sambil menekan tombol PrtScn, ini hanya akan menangkap layar hanya jendela aktif.

screen capture windows


macOS Keyboard Shortcut


Dibandingkan dengan Windows, macOS menawarkan lebih banyak pilihan ketika menangkap layar. Dengan macOS, sobat dapat menangkap seluruh layar, layar aktif, atau hanya mengambil sebagian layar saja. ada 4 Cara mengambil screenshot di macOS

1. Ambil screenshot dari seluruh layar

Tekan Command + Shift + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar. Screenshot yang sobat ambil akan disimpan di desktop sobat.

2. Ambil screenshot hanya wilayah tertentu

Tekan Command + Shift + 4 dan kursor Anda akan berubah dari panah ke crosshair. Pindahkan dan seret kursor crosshair di wilayah yang ingin Anda ambil screenshot layarnya dan itu akan disimpan di desktop Anda.

screen capture macOS
Catatan: Sobat dapat menahan tombol Shift atau Option sambil menyeret untuk mengubah hasil seleksi.

3. Ambil screenshot dari jendela tertentu

Tekan Command + Shift + 4 , lalu tekan tombol Space. Ini akan mengubah kursor sobat dari crosshair menjadi ikon kamera. Sekarang pindahkan kursor ke jendela mana saja sobat ingin mengambil screenshot dan klik sekali. Screenshot akan disimpan di desktop sobat.

4. Ambil screenshot dari Touch Bar

Jika sobat memiliki salah satu MacBook Pro terbaru dan ingin mengambil screenshot dari Touch Bar, tekan Command + Shift + 6.

Catatan: Secara default, keempat metode di atas akan menyimpan tangkapan layar Anda dalam format .PNG di desktop Anda.

Bonus : Cara menahan screenshoot di Clipboard

Jika sobat lebih suka menyimpan screenshot di clipboard sehingga dapat menempelkannya di tempat lain (misalnya, Photoshop), tambahkan tombol Control ke shortcut keyboard sobat.

Perintah baru akan terlihat seperti ini

  • Control + Command + Shift + 3 - Menangkap seluruh layar dan menahan di clipboard.
  • Control + Command + Shift + 4 - Menangkap layar sesuai dengan pilihan dan pegangan pengguna clipboard.

Posting Komentar

0 Komentar