Random Posts

Mudah Cek NIK dan KK Nomor Kartu Prabayar yang Sudah Terdaftar

Berapa banyak nomor prabayar yang menggunakan data NIK dan KK Sobat? Mengapa perlu dilakukan cek seperti itu adalah untuk meminimalisir orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan NIK dan KK Sobat untuk registrasi Sim Card.

Seperti salah satu pengguna Twitter ini yang mengaku ada yang menggunakan NIK dan KK dengan nomor yang tidak merasa dia punyai.



Hal tersebut merupakan salah satu bukti kekhawatiran data masyarakat sudah bocor. Kebocoran data ini semakin menguatkan perlunya UU Perlindungan Data Pribadi.

Ada juga yang mendapatkan NIK nya digunakan oleh 50 nomor. Plt. Kepala Biro Humas, Noor Iza, membenarkan terdapat laporan masyarakat terkait pendaftaran nomor jumlah banyak yang memakai satu NIK tertentu, dan telah dilakukan pendalaman yang terjadi yaitu penggunaan NIK dan KK yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai modus mengingat NIK dan KK seseorang bisa diperoleh dengan berbagai cara.

Menaggapi hal tersebut Kemenkominfo membuat SIARAN PERS NO. 65/HM/KOMINFO/03/2018 pada Tanggal 5 Maret 2018 dengan judul "Kemungkinan Yang Terjadi Saat Ini Penyalahgunaan NIK dan KK Yang Digunakan Registrasi Secara Tanpa Hak dan Bukan Kebocoran Data"

“Yang terjadi saat ini yang menjadi berita adalah penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak dan bukan terjadi kebocoran data,” tutur Noor Iza. Tentu, penyalahgunaan identititas kependudukan dalam registrasi merupakan pelanggaran hukum.

Kementerian Kominfo sudah mengantisipasi sejak awal dengan memberikan “Fitur Cek NIK” agar masyarakat mengetahui nomor apa saja yang terdaftar atas NIK miliknya. Agar masyarakat yg NIK dan KKnya digunakan secara tanpa hak agar menghubungi gerai operator.

Sayangnya setelah saya uji coba, beberapa layanan yang diberikan operator untuk cek NIK ini adalah dengan menggunakan NIK dan KK, tidak sesuai dengan apa yang di sampaikan Plt. Kepala Biro Humas, Noor Iza, yaitu cukup dengan NIK.



MUDAH MELIHAT DATA KK DAN NIK REGISTRASI PELANGGAN TELKOMSEL. INDOSAT, XL, TRI DAN SMARTFREN

Untuk itu bagi para pelanggan Telkomsel. Indosat, XL, Tri dan Smartfren sebaiknya segera cek data registrasi pelanggan, berapa banyak nomor prabayar yang menggunakan data NIK dan KK Sobat. Kalau memang cuma nomor Sobat sendiri yang terdaftar, aman.

Begini caranya:

Telkomsel : https://telkomsel.com/cek-prepaid atau ketik *444#
Indosat Ooredoo : https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index atau ketik INFO#NIK kirim ke 4444
XL Axiata : ketik *123*4444#
Tri Indonesia: https ://registrasi.tri.co.id/ceknomor
Smarfren : https://my.smartfren.com/check_nik.php

Posting Komentar

0 Komentar