Optimasi Pagespeed Insights Meningkatkan Kecepatan Blog

Advertisement
Bagaimana cara mengoptimalkan kecepatan blog? Banyak jalan menuju roma, banyak cara membuat kecepatan blog meningkat, salahsatunya hilangkan widget-widget yang tidak perlu, dan buatlah tampilan blogger sebersih mungkin.

Maksud dari sebersih mungkin yaitu, gunakan blog sebagaimana fungsinya, hanya ada tulisan dan gambar. Hal-hal yang tidak perlu ada di blog juga sebaiknya dihilangkan, contoh : widget alexa, fanpage facebook, widget instagram, jam, widget count.

Setelah dihapus semua, silahkan cek kecepatan blog kamu melalui : Google PageSpeed Insights

Score blog mode desktop



Score blog mode mobile



Kenapa bisa secepat itu? karena blog ini sudah AMP :p. Itu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin blognya secepat kilat.

Fyi, saya migrasi ke AMP ketika postingan di blog ini sudah 600 postingan, bagaimana tidak pengkor' tangan mengedit kembali kode image, yang sebelumnya NON-AMP.

Saya juga mengapus lebih dari 200 postingan yang sudah tidak relevan, lumayan mengurangi beban edit.

Terakhir, sekaligus kesimpulan, jika kamu ingin blogmu cepat, migrasi dari NON-AMP ke AMP, sudah banyak template blogger AMP, silahkan dicari. Jika malas dan ingin mempertahankan blog NON-AMP, segera hapus widget yang membutuhkan loading lama.

Saran saya widget yang ada di samping blog lebih baik hanya Popular Post, Iklan dan Label.

Oke itu saja, bagaimana cara mengoptimalkan Pagespeed Insights, semoga bermanfaat.
Advertisement

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments