Untuk sobat yang sudah gatal ingin berceloteh kembali meramaikan weblog ini, ada kabar gembira, kolom komentar yang sebelumnya saya tiadakan kini telah di hadir kembali. Bukan hanya itu, kabar buruknya juga ada, komentar sebelumnya jejak-jejak petualangan sobat, tidak bisa saya selamatkan, hilang bersama kenangan yang dulu pernah ada.

Sekarang interlude, ini saatnya saya memikirkan apa yang harus saya tulis pada paragraf selanjutnya

Jadi dilema juga karena penggunaan disqus sebagai pengganti komentar bawaan dari Blogger, membutuhkan loading yang lama, akibatnya blog jadi lelet. Internet aja kalo lelet bikin kesel kan. Nah cara mengukur seberapa cepat loading blog sobat, bisa dicek menggunakan :

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Kenapa saya lebih memilih memprioritaskan kecepatan akses blog?. Disamping konten adalah raja, kecepatan juga perlu diperhatikan, misalnya : postingan kita bermanfaat, tapi blog kita lelet, belum juga dibaca sudah kabur duluan, konten yang bermanfaat pun tidak tersampaikan.

Ada beberapa tips dari saya, guna memperbesar nilai yang ada pada Pagespeed Insights, jika nilai blog sobat ber-rapot Merah, berarti blog sobat dalam bahaya, bisa-bisa tidak naik kelas! hehe.



Jika kita mengacu pada gambar diatas, yang dimaksud dengan (Desktop) 29/100 itu artinya kecepatan akses blog sobat menggunakan Desktop bernilai 2,9 dari 10. Dan perlu sobat perbaiki jika sobat memikirkan 'service' untuk pembaca.

Kesalahan akan ditampilkan oleh Google Pagespeed Insights, jadi tidak usah kebingungan, semua yang harus sobat perbaiki pada blog sudah diinformasikan di sana, apa saja yang harus sobat optimalkan demi meningkatkan nilai kecepatannya.

Misalnya : ketika sobat mengetikan pada Google Pagespeed Insights URL https://www.websobat.com berarti semua kesalahannya yang tampil disana terdapat pada URL tersebut, tidak ada kaitannya dengan sub URL atau halaman lain. Halaman yang sobat ketikan itulah halaman yang sobat harus perbaiki.

Ada beberapa kesalahan umum yang tidak ada kaitannya dengan javascript atau bundle CSS yang bisa sobat perbaiki tanpa mengutak atik kode HTML :

Resolusi Gambar


Ketika sobat berpikir bahwa resolusi mempengaruhi kualitas gambar? itu iya. Tapi ini di website, bukan untuk bikin baliho, jadi tidak perlu gambar yang pixel nya segede gajah. Sebaiknya jika sobat mengedit gambar terbiasa menggunakan Photoshop, ketika ingin membuat gambar baru, setting di resolusi 72 Pixels/Inch



Dan usahakan gambar pertama postingan bentuknya Wide jangan Square. Kenapa? Biasanya image yang ada pada halaman utama/index/muka, akan di perkecil sesuai dengan resolusi yang ada disana, indikasi jika img/ gambar kita bermasalah adanya keterangan :

Compressing and resizing https://lh3.googleusercontent.com/…AAAAAARg/LfP5EZ7VKQQ/s512-Ic42/siska.jpg could save 171.1KiB (97% reduction).

Setelah sobat perbaiki gambarnya, akan tetapi masih ada laporan tentang

Losslessly compressing http://4.bp.blogspot.com/…kaki-kakiku-kaka-kuku.jpg could save 3.2KiB (5% reduction).

Keterangan tersebut abaikan saja, tidak masalah dan tidak mempengaruhi apa-apa.

Widget


Ketika pada blog sobat ada Widget dari pihak ketiga, itu juga mempengaruhi nilai dari kecepatan blog sobat meskipun fungsi dari widget tersebut untuk mempercantik tampilan. Saya kasih informasi Widget apa saja yang menghambat kecepatan blog, antara lain :

1. Alexa Rank
2. Random Posts
3. Plugin fanpage facebook
4. Widget Counter
5. Widget Translate
6. Img/ Gambar yang diambil dari penyimpanan luar (contoh: Photobucket, Imgurl dll)
7. Disqus

Ini alternatif, bisa digunakan bisa tidak, jika sobat sudah mengoptimasi yang lain, penambahan Disqus tidak terlalu signifikan mempengaruhi kinerja blog, apalagi sekarang ada tutorial bagaimana membuat Disqus (hide).

Nah. itu saja dulu yang harus sobat perbaiki dan optimalkan, lihat hasilnya? saya jamin minimal Kuning. Karena untuk menjadi Hijau, ada beberapa pengaturan yang harus diubah pada kode HTML nya. Batas minimal jika nilai rapot blog sobat ingin hijau adalah 85/100. Selamat bereksperimen jangan lupa di Backup template nya.