Malam ini salah satu laptop OS Windows 10 penghuni kost harus masuk ruang operasi kamar no-10, dikarenakan permasalahan tidak bisa mengakses situs, baik itu google dkk, pokoknya tidak bisa akses internet padahal koneksi wifi/ internet sudah connect. Jadi ketika menggunakan Mozilla, Chrome dll tulisan yang muncul "cannot display the webpage"

Tidak Bisa Akses Internet Padahal Wifi Sudah Connect

Pertama kali saya menggunakan Revo Uninstaller Pro untuk uninstall program yang mencurigakan, dimana salah satu program tersebut sudah men-disable antivirus Windows Defender, agar virus bisa leluasa untuk menyebar pada komputer.

cannot display the webpage

Setelah berhasil mengaktifkan kambali Windows Defender, langsung ke-detect virus salah satu file di system yaitu "dnsapi.dll", mau di remove, clear atau quarantine tetep saja tidak bisa, berniat mengunjungi lokasi aslinya di C:\Windows\System32 ternyata berhubungan dengan DNS sehingga tidak bisa di delete, pantes ini yang menjadi penyebab browser tidak bisa konek ke internet.

Setelah mencari dari berbagai sumber yang ada, menyebutkan harus me-scan sistem, repair kali ya maksudnya, langsung saja berikut tutorial yang saya dapatkan dari Mr. RemoveVirus

1. Pada icon Start (klik kanan) - Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin).
2. Ketikan perintah sfc /scannow kemudian enter.
3. Tunggu sampai 100%.
4. Exit dan restart.

Cukup mudah ternyata cara menanggulanginya

Untuk mencegah hal yang sama terjadi dikemudian hari, sebaiknya sobat menggunakan AdBlock pada browser yang sobat gunakan, kenapa? bisa jadi sobat install software malware yang muncul pada POPUP browser.