Mudah Validasi Kartu SIM Dengan Nomor KTP dan Kartu Keluarga

Advertisement

Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tanggal 31 Oktober 2017. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan registrasi pelanggan seluler merupakan upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar.

"Sebagai komitmen memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity. Selain itu manfaat lainnya adalah adanya keamanan, transparansi dan pelayanan nilai tambah bagi masyarakat," katanya dalam Konferensi Pers mengenai Pemanfaatan Data Kependudukan dalam Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Telekomunikasi di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Berikut saya share beberapa twit dari @kemkominfo tentang Konferensi pers Registrasi Kartu Prabayar Dengan Validasi Data Dukcapil (11/10/2017)

1. Registrasi yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan dilakukan untuk peningkatan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi.



2. Registrasi yg akan berlaku mulai 31 oktober 2017 ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan

3. Registrasi dapat dilakukan langsung oleh calon pelanggan yang membeli kartu perdana, serta registrasi ulang bagi pelanggan lama.

4. Caranya dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#.

5. Untuk pelanggan lama mengirimkan SMS ke 4444 dengan format ULANG#NIK#NomorKK#.

Mudah Validasi Kartu SIM Dengan Nomor KTP dan Kartu Keluarga

6. Penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menyelesaikan registrasi ulang pelanggan prabayar paling lambat tanggal 28 Februari 2018.

Dirjen Ramli menyebut proses registrasi ulang akan berlangsung sampai akhir Februari 2018. Ia pun menegaskan agar proses berhasil diperlukan data yang sesuai dengan NIK. "Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP–el) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil.



Tentu dengan diberlakukannya sistem tersebut, pemerintah dapat dengan mudah melacak seseorang jika berkelakuan "tidak baik" di dunia maya, karena beberapa media sosial menggunakan sistem verifikasi nomor HP dalam proses registrasi.

Bagaimana nasib jika menggunakan kartu paketan data yang sekali pakai? Jika seperti itu kemungkinan 1 KTP dengan 1 KK dapat memiliki banyak nomor. Kemajuan atau kemundurankah di bidang teknologi? #ahsudahlah

Advertisement
Mudah Validasi Kartu SIM Dengan Nomor KTP dan Kartu Keluarga Mudah Validasi Kartu SIM Dengan Nomor KTP dan Kartu Keluarga Reviewed by Shici -Kun on Rating: 5

1 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.