Bagus atau Tidak Menggunakan Ekstensi Domain .XYZ

Advertisement

Postingan ini terinspirasi dari web nasuhadinata.xyz, alih-alih menggunakan ekstensi domain .com atau .id dia lebih memilih menggunakan .xyz. Sebelum berspekulasi sebaiknya kita ketahui dulu bagaimana sejarah dari domain .xyz tersebut

Ekstensi Domain .XYZ merupakan salah satu Ekstensi domain baru yang disetujui oleh ICANN / Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (lembaga dunia yang mengawasi, mengatur dan mangakreditasi pendaftaran Domain di Tingkat Dunia).

Bagus atau Tidak Menggunakan Ekstensi Domain XYZ

https://gen.xyz/

.xyz is a top-level domain name. It was proposed in ICANN's New generic top-level domain (gTLD) Program, and became available to the general public on June 2, 2014. XYZ.COM and CentralNic are the registries for the domain.

According to .xyz Launch Policies Version 1.03, written in March 2014, on .xyz domains, it is forbidden to defame Justin Bieber, Oprah Winfrey, and Daniel Negari (CEO of XYZ). The three names disappeared from .xyz Domain Name Policies Version 2.0. - Wikipedia

Sang pendiri organisasi .XYZ yang menjadi "Registry Operator" atau semacam pemilik Hak Paten Utama untuk ekstensi .xyz, berkata:

Kita selalu mengakhiri alfabet dengan huruf X, Y dan Z dan alangkah baiknya bila kita mengakhiri Domain dengan xyz pula. - Daniel Negari

Itulah sebab mengapa ia berusaha mengusulkan gTLD baru yaitu .XYZ kepada ICANN.

Kepopuleran ekstensi .XYZ mulai melejit ketika Google mengumumkan Rencana Restrukturisasinya menjadikan ekstensi .XYZ sebagai pilihannya untuk situs Perusahaan Induk Google yang baru yaitu Alphabet.

Alphabet
https://abc.xyz/

Alphabet merupakan perusahaan yang baru dibentuk Google dan dipersiapkan sebagai perusahaan Holding yang akan memegang seluruh Bisnis yang dimiliki Google.

Ada kekhawatiran dalam pikiran Sobat bahwa bila situs menggunakan domain berekstensi .XYZ maka situs akan lama muncul dalam hasil pencarian search engine, namun setelah mengetahui bahwa Google sendiri memakai .XYZ untuk situs Perusahaan holding baru mereka maka keraguan tersebut tidak mendasar.

Sekali lagi apapun ekstensi situs Sobat tentu kualitas konten adalah segalanya, dalam bahasa umum sering kita mendengar "Content Is King" yang akan membuat situs sobat berperingkat bagus dalam Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.


Advertisement

Menulislah karena ingin, semaumu, semampumu, sebab kau takkan tau seberapa besar manfaat dari apa yang kau tuliskan.

2 comments

mantap bung! salam kenal, Author Of nasuhadinata.xyz Design

Setelah sekian lama, akhirnya turun gunung juga

Silahkan berkomantar dengan bahasa Indonesia yang kamu bisa.
EmoticonEmoticon