Solusi jika mengalami Gugatan Hak Cipta di akun YouTube terbaru 2017

Advertisement

Jika sobat pemilik akun YouTube dan mencoba cover lagu, kemudian di upload. Menunggu beberapa saat muncul lah tulisan "Mencakup konten berhak cipta" atau "Includes copyrighted content" sehingga video sobat tidak bisa di monetize.

Pada situs tutorial youtube disini dijelaskan bagaimana solusinya, sayangnya artikel tersebut dibuat tahun 2013, sudah tidak relevan dengan kondisi YouTube sekarang.

Jadi bagaimana solusinya? maka dari itu postingan ini dibuat, langsung saja berikut cara membuat banding atas konten video kita yang kena copyrighted.

Solusi jika mengalami Gugatan Hak Cipta di akun Youtube terbaru 2017

Studi kasus : Saya akan upload video cover lagu, yang kemudian beberapa saat terkena masalah copyright

1. Login akun YouTube sobat
2. Masuk ke Dasboard Videos atau copas url ini https://www.youtube.com/my_videos?o=U
3. Kita sepakati ubah bahasa YouTube sobat menjadi Bahasa Indonesia

menggugat hak cipta

4. Kemdian klik tulisan "Mencangkup konten berhak cipta"

menggugat hak cipta

5. Pada halaman ini sobat bisa melihat siapa yang menggugat konten video yang sudah sobat upload, dari kasus ini terihat ada 16+ penggugat, sekarang klik "Ajukan gugatan"

menggugat hak cipta
Ket :
Konten = Disana disebutkan bahwa yang di gugat hanyalah "Komposisi musik"
Penggungat = Orang yang merasa punya hak milik atas komposisi musik tersebut
Kebijakan = Penghasilan dari video kita mereka yang miliki

6. Pilih salah satu poin yang mewakili keadaan sobat tentang konten yang sobat upload atau buat, kemudian "Lanjutkan"

menggugat hak cipta

7. Centang sebagai persetujuan dari saya yakin bahwa saya memiliki semua hak atas konten audio dan visual dalam video ini, dan saya ingin menyengketakan klaim ini, kemudian lanjutkan

menggugat hak cipta

8. Tulis alasan kenapa video tesebut adalah -benar- milik sobat, kemdian checklist dan terakhir isi tanda tangan dengan nama akun YouTube sobat (nama pribadi juga bisa), kemudian "Lanjutkan"

menggugat hak cipta

9. Baca lagi dengan seksama pastikan semuanya sobat mengerti secara sadar, kemudian bagian akhir silahkan klik "Kirim Sengketa"

menggugat hak cipta

10. Finish, sengketa sobat sudah dikirim sobat tinggal tunggu beberapa saat hasilnya di email akun YouTube channel sobat

menggugat hak cipta

Bonus: Sobat bisa kembali lagi ke Pengelola Video tulisan yang asalnya "Mencakup konten berhak cipta" menjadi "Sengketa hak cipta sedang berlangsung"

Ada beberapa kondisi saat hasil sengketa sudah bisa sobat ketahui dari email yang diterima:

  • Sengketa sobat "TIDAK DISETUJUI" saran saya langsung "HAPUS" video tersebut.
  • Sengketa sobat "DISETUJUI DENGAN SYARAT" berarti nanti ada PEMBAGIAN HASIL dengan pemilik sengketa, terserah sobat mau hapus atau engga.
  • Sengketa sobat "DISETUJUI" maka sepenuhnya pendapatan dari video tersebut menjadi milik sobat dan tidak ada lagi tulisan copyright dll.

Indikasi
  • TIDAK DISETUJUI (icon dolar dicoret)
  • DISETUJUI DENGAN SYARAT (icon dolar hijau tapi ada garis yang membelah)
  • DISETUJUI (icon dolar hijau sempurna)


Oke itu saja dulu artikel mengenai cara menggugat hak cipta di akun YouTube terbaru, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar.

note : karena sekarang saya banyak bermain YouTube ada kemungkinan dalam beberapa postingan selanjutnya masih berbicara mengenai YouTube, silahkan ditanyakan jika ada


Advertisement

Menulislah karena ingin, semaumu, semampumu, sebab kau takkan tau seberapa besar manfaat dari apa yang kau tuliskan.

5 comments

Assalamualaikum gan :) saya mau tanya nih , saya memiliki 4 video yang terkena konten berhak cipta , nah yg ingin saya tanyakan apakah 4 video tsb jika saya biarkan atau tidak di hapus ada efek pada akun youtube saya?

Waalaikumsalam.. yes, sebaiknya di hapus saja, kalo pun tetap ada ga bakal memberi manfaat apa2 buat channel YT nya kan :-), toh iklan nya jg buat yg punya itu video

saya mau nanyak mungkin mas pernah dapet kasus yang sama,saya ada oploud video berhak cipta terus kenk teguran,jadi video yang tersisa saya tidak publik kan,apakah video yng tidak saya publik apa masih bisa di gugat...trimaksih klo mau jwab pertanyaan saya.

Pengalaman saya langsung di banned channel nya. Jadi saran saya, publik aja semua video nya, kalo ada video yang kena teguran langsung delete.

tapi nanti akun youtube sya nya d blok ga..soalnya sya pernah d blok akhirnya mengakukan banding ke pihak youtube

Silahkan berkomantar dengan bahasa Indonesia yang kamu bisa.
EmoticonEmoticon