10 Kata Bijak Asep Sunandar Sunarya Terbaik Sepanjang Masa

advertisement
Asep Sunandar Sunarya atau sering dipanggil Ki Asep Sunandar Sunarya lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 September 1955. Meninggal dalam usia 58 tahun di Bandung, Jawa Barat.

Asep Sunandar adalah seorang maestro wayang golek di Indonesia. Selaku dalang wayang golek Asep Sunandar Sunarya konsisten pada bidang garapannya. Ia ditakdirkan untuk menjadi dalang oleh "dalang" yang sesungguhnya, yakni Allah SWT. Ia begitu menyatu dengan dunia wayang golek yang Ia gelutinya sehingga penghargaan demi penghargaan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan manca negara Ia dapatkan.

Berikut ini beberapa kutipan terbaik dari Legenda Dalang Tanah Air Asep Sunandar Sunarya yang bisa kita petik makna nya

kata bijak asep sunandar

Panto Sawarga hanya bisa dibuka oleh kerendahatian, kepedihan, dan kesiapan dalam menerima berbagai cobaan. Sing daek peurih, ameh boga peurah.
Intinya : Kanjeng Rosul yang mulia itu, yang diberi kehormatan sebagai ‘Mandatarisnya Allah’, itu karena kerelaannya dalam menjalani kehidupan sepahit apapun. Tak ada kata menyerah, tak kenal mengiba, rela hancur lebur, yang penting Tuhan tidak marah kepadanya.

Kabeh tokoh wayang nu aya dikotak, aya kabeh di anjeun
Intinya : Didalam diri manusia itu tertancap sifat Arjuna yang pimplan, Gatotkaca yang adil, Bima yang tegas, Yudhistira yang bijak, Semar yang ma’rifat, Astrajingga yang humoris, Dawala yang nyantri, Gareng yang abangan, Kurawa yang serakah, bahkan Dorna yang penuh tipu muslihat.

Wayang bukan dongeng atau cerita belaka, melainkan gambaran kahirupan manusa nu dipipindingan ku silib sindir, kahalangan ku sasmita jeung siloka, kalayan karimbunan ku gunung simbul
Wayang bukan dongeng atau cerita belaka, melainkan gambaran kehidupan manusia yang didasari oleh saling sindir, terhalang oleh isyarat dan ... (ga tau euy)

Baca juga :
Google Doodle Memperingati Hari lahir Asep Sunandar ke - 61

Sasanget-sangetna leuweung, moal leuwih sanget tibatan sungut
Intinya : Lidah itu lebih menakutkan dan lebih membahayakan daripada hutan

Kanyaah kadeudeuh ka welas asih indung ka anak teh geus napel teu bisa dipisahkeun
Intinya : Kasih sayang seorang ibu kepada anaknya tidak akan bisa dipisahkan sampai kapanpun

Ngaran-ngaran jeung dulur mun jauh silih tepungan anggang silih teang gering silih ubaran, tong boro jeung dulur jeung tatangga ge apanan geus kawajiban manusa
Intinya : Silatuhrami dengan saudara harus tetap dijaga karena merupakan kewajiban Manusia.

Hirupmah kudu bermanfaat, lain ngamanfaatkeun
Hidup harus bermanfaat, bukan manfaatin orang lain

Next...

Maafkan Abah jika memiliki kesalahan, karena Abah akan pulang.



Itu saja dulu beberapa kata bijak terbaik Asep Sunandar Sunarya sepanjang masa, semoga menjadi inspirasi bagi kita semua. Allah SWT akan menempatkanmu disisi terbaik-Nya, Aamiin...

Salam,
Admin
advertisement
SHARE ON :

Artikel Terkait

10 Kata Bijak Asep Sunandar Sunarya Terbaik Sepanjang Masa
4/ 5
Oleh

Subsribe

Masukkan alamat email Sobat untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan pesan baru melalui email.

Load comments