Mengenal Valak, setan yang muncul di The Conjuring 2

advertisement
Ada istilah tak kenal maka tak sayang, seperti itulah yang saya lakukan untuk mengenalkan jenis setan yang satu ini, supaya sobat tidak tersesat oleh si setan tersebut. Jika sobat belum nonton film The Conjuring 2, sebaiknya nonton dulu, ada salah satu setan yang berwujud biarawati, doi bernama Valak, bukan berarti terinspirasi dari buah salak atau karena dulunya doi tukang malak.

Ternyata nama Valak dalam Demonology (Ilmu yang membahas tentang persetanan) itu ada, meskipun bukan seperti yang di tampilkan sosoknya dalam film. Yuk mari kita kenalan lebih dekat dengan Valak

mengenal valak, setan conjuring 2

Apa setan bernama Valak beneran ada? Valak ini kalo dalam Demonology, dikit banget arsipnya. Cuma ada di beberapa literatur lama, di Wikipedia pun sedikit dibahas. Valak diceritakan sebagai salah satu artisnya neraka. Membawahi at least 30 legion setan & punya supranatural power yang lebih kuat dari manusia.

Wujud Valak kalo menurut arsip biblical dan literatur lama lainnya, gak seseram di Conjuring 2. Berwujud anak kecil dengan sepasang sayap malaikat, dan menunggangi naga kepala dua dengan tangan membawa ular.

sosok valak

Dalam demonology, ada dua kategori iblis. Iblis paling tua dan paling kuat disebut Apokomistai. Yang kecil dan lemah, disebut Nekudaimones.

Iblis kelas Neku harus merasuki manusia atau hewan untuk bisa keluar dimensi dan menunjukkan wujud aslinya. Iblis kelas Apokomistai seperti Valak, bisa take-over makhluk apapun apakah itu kasat mata/nggak, termasuk kelas Neku sendiri. Valak hanya bisa dipanggil oleh sesama Apokomistai dan manusia.Tapi di kebanyakan kasus, emang selalu dipanggil oleh manusia.

Tapi tetep gak semua manusia, Valak hanya akan menjawab kepada satu jenis manusia yang unik. Yaitu, anak kecil. Anak kecil polos adalah makanan kesukaannya. He gains power from children's purity & innocences. Kekuatan terbesar Valak/alasan dipanggil adalah karena keahilannya menemukan hidden treasure.

Dia juga ahli menentukan posisi/pergerakan planet, and can reveal where serpents live. Using it for his own cause. Prince of the Snakes. Meski di Conjuring 2 Valak digambarkan berbeda, tapi punya kekerabatan yang mirip dengan Beezlebub, the demon of lies.

beezlebub

Jika sobat timbul benih-benih cinta (baca: tidak disarankan mencintai setan) dan ingin mengenal lebih dalam si setan Valak, ada beberapa storytale yang membicarakan tentang setan ini silahkan di kunjungi:

  • estelleanabaca.com/?p=90
  • estelleanabaca.com/?p=148
  • estelleanabaca.com/?p=179
  • estelleanabaca.com/?p=193

Valak dalam wujud asli adalah diperankan oleh seorang aktris hollywood juga sebagai seorang penulis yang bernama Bonnie Aarons, bukan hanya berperan di film Conjuring 2 saja, Bonnie adalah aktris yang mengawali karir di dunia akting pada tahun 2001 dengan judul film pertamanya Mulholland Drive.

pemeran valak

Kenapa setan Valak dianalogikan sebagai sosok Biarawati, bukan sosok lain? Kenapa wujudnya suster, pasti ada kaitannya sama biarawati yang ngasih kalung salib ke Ed Warren. Somehow they're connected. Conjuring 3?. Bisa juga sosok biarawati digambarkan sebagai dualisme dari Valak (malaikat dan ular). Hantu biarawati digunakan sebagai metafora purity & demonic.

Does knowing the demon's name, gives power to controlling them? Yang udah nonton, Lorraine mati-matian nyari clue soal siapa nama Iblis yang lagi dihadapi. Di dunia exorcism, hal ini emang jamak dilakukan. Konsep ini tua banget. Kalo dirunut, tradisi ini lebih berkolerasi sama Kabbalah daripada christianity. Dilanjut?

Secara general, Iblis yang punya nama/sebutan itu termasuk heavy-powered demons. Butuh special-treat, dari cara manggil maupun ngusir. Iblis punya aturan, yakni gak boleh banyak omong. Because a single word means curse. Mereka sangat secretive apalagi soal nama. Dalam berkomunikasi dengan Iblis, mereka emang harus dipaksa buat bicara. Hanya bisa dilakukan kalo korban udah fully-possessed. Usahain hanya melontarkan pertanyaan yang spesifik saat interograsi. Kayak kenapa dia masuk, kapan dia pergi, apa yang dia mau, etc. Dasar ide ini adalah, mengetahui jati diri/nama dari sesuatu (demons), berarti kamu telah berkuasa atas diri dan bangsanya.

Buat iblis, revealing himself (or his true name) is a defeat. Makanya exorcism selalu menyebut "In the name of Jesus". In concept, Jesus lebih tinggi kedudukannya daripada Iblis, as a God's righteous hand. Granting you unlimited power over the demons.

Beberapa Iblis yang punya "biblical-name" kayak Beelzebub, Lucifer, Zebulun, Meridian, Asmodeus juga sensitif dengan Holy Names. Cara buat tahu seberapa kuat orang dirasuki oleh Iblis, bisa dilihat dari gimana reaksi Iblis dengan Holy Names. Generally, Iblis gak bisa menyebutkan Holy Names secara langsung. Selalu pake alias lain kayak "your boss, your lady (refers to Mary), dll. Kalo si Iblis bener2 "High-ranked" biasanya mereka mampu nyebutin Holy Names. Tapi tetep disusul caci maki blasphemical khas Iblis.

Now it's clear. Kenapa Lorraine bersikeras nyari siapa nama si Iblis. It gives her power to over-dominate the demons. Konsep "True name/true nature". Kalo orang sampe kerasukan Iblis high-ranked tapi gak mempan di exorcism, biasanya karena si manusia emang basically udah jahat. Katanya kalo minta tolong sama malaikat, pilih-pilih. Iblis nggak.

That's why, jadi jahat itu gampang. Istilahnya udah kena "death-curse", orang tersebut gak lama akan segera mati juga akhirnya. Mati terkutuk.

Source : @dajjalsdiary



Oke itu saja sedikit informasi mengenai setan Valak versi aslinya, semoga menambah ilmu lagi dan jangan takut kalo sendirian ke kamar kecil malam-malam :)

Salam,
Admin
advertisement
SHARE ON :

Artikel Terkait

Mengenal Valak, setan yang muncul di The Conjuring 2
4/ 5
Oleh

Subsribe

Masukkan alamat email Sobat untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan pesan baru melalui email.

Load comments