Surat Cinta dari Google AdSense

advertisement
Jurnal Kang Ibay - Bagaimana rasanya jika sobat mendapatkan surat cinta? seperti kebanyakan kita akan merasa senang, tapi bagaimana jika kita mendapatkan "surat cinta" dari Google? lebih tepatnya Google AdSense (GA)? senang! bisa juga tidak. Kenapa?

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan email yang berjudul "Google AdSense: Perlu dilakukan tindakan untuk mematuhi kebijakan program AdSense.", itu adalah mengerikan, bagaimana tidak untuk website saya sebelumnya terkena dampak dari GA, akibatnya website tersebut di Banned! tidak bisa dipasang iklan dari GA (baca: saat itu saya masih awam tentang kebijakan AdSense).

surat cinta dari google adsense

Kejadian tersebut terulang kembali untuk website saya yang lain, syukurnya belum di Banned, hanya diberikan peringatan saja. Meski begitu, peringatan yang saya dapatkan via email tersebut tidak bisa disepelekan, kalau bandel, kejadian beberapa tahun yang lalu akan terulang kembali dan itu menyesakkan dada.

Berikut adalah peringatan yang saya dapatkan dari Google AdSense, sayang nya tidak bisa dibales, karena ga mau saya tolak surat cinta nya. :)

peringatan google adsense

Dengan pelanggaran sbb :

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Untuk menjaga pengalaman pengguna yang baik, penayang harus membedakan iklan Google dengan konten situs secara jelas

Jadi maksudnya seperti ini, jika sobat menempatkan iklan GA di dalam postingan, pembaca harus bisa membedakan mana iklan dan mana gambar postingan, supaya tidak membingungkan. Kebingungan tersebut sering terdapat ketika website sobat di akses via mobile, karena antara iklan dan gambar postingan terdapat dalam satu tampilan.

Akibatnya, pembaca blog kita akan 'tidak sengaja' mengklik iklan tersebut, hal semacam ini yang menurut Google AdSense melanggar kebijakan, seharusnya orang yang mengklik iklan tersebut dalam keadaan sadar bahwa itu adalah iklan.

Menurut saya bagaimana kita bisa satu kalo orang itu dengan sengaja atau tidak sengaja klik iklan google yang ada di website. Katanya algoritma Google bisa mendeteksinya.

Ada sebab ada akibat, ada masalah ada solusinya. Jika sobat mendapatkan peringatan seperti yang saya alami, lakukan perbaikan iklan pada website sobat dengan memberikan inisial bahwa gambar tersebut adalah iklan.

Bisa sobat lihat contohnya pada website ini, setiap iklan dari GA, saya kasih inisial 'advertisement' itu yang akan menandakan bahwa gambar tersebut adalah iklan bukan gambar postingan. Setiap kasus akan berbebeda cara penanggulangannya, maka untuk kasus saya tentang "menyamarkan iklan" salah satu solusi yang bisa sobat terapkan adalah seperti itu.

Untuk menambah pengetahuan sobat tentang GA, bisa dibaca beberapa artikel berikut ini

FAQ kebijakan AdSense
Menggunakan penelusuran site: untuk menemukan pelanggaran
Solusi yang disarankan untuk memeriksa kepatuhan konten terhadap kebijakan
Pemfilteran konten



Itu saja informasi mengenai beberapa masalah yang terjadi ketika akun Google AdSense sobat mendapatkan peringatan, semoga bermanfaat.

Salam,
Admin
advertisement
SHARE ON :

Artikel Terkait

Surat Cinta dari Google AdSense
4/ 5
Oleh

Subsribe

Masukkan alamat email Sobat untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan pesan baru melalui email.

Load comments