Maksud Arti Genre Film Sci-Fi

Sci-Fi adalah salah satu genre dari cerita fiksi (fiction) yang mempunyai ciri khusus yaitu elemen imajinasinya berkaitan erat dan mempunyai kemungkinan untuk dijelaskan menggunakan science atau kemajuan teknologi yang berdasarkan pada hukum alam, hukum-hukum fisika, kimia, biologi dll.

Science fiction (Sci-Fi) sendiri dalam bahasa Indonesia Fiksi ilmiah adalah suatu bentuk fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para individual.

Banyak juga kisah Sci-Fi yang menentang fakta yang ada saat ini, tetapi masih berdasarkan kemungkinan yang dapat terjadi mengacu pada banyaknya hal yang masih belum dapat dijelaskan sampai saat ini, atau menceritakan kemungkinan yang dapat terjadi apabila fakta dan sejarah yang ada salah/ tidak terjadi.

Seperti dalam beberapa genre Film Sci-Fi Paling di Rekomendasikan Terbaik 2015, terdapat banyak konspirasi tentang kondisi masa depan yang di visualisasi seolah-olah nyata. Sci-fi yang di tuangkan kedalam film, terdapat ciri sebagai berikut :

1. Kejadian berbeda dengan fakta dan data, setting futuristik

2. Adanya dunia lain (makhluk yang tidak dikenali manusia), atau melibatkan alien. Bisanya ber-setting luar angkasa, atau di luar dunia jangkauan manusia

3. Teknologi atau prinsip science yang bertentangan dengan hukum alam yang diketahui seolah-olah terjadi  dan ada.

4. Berkaitan dengan penemuan dari prinsip science yang baru diketahui seperti mesin waktu (time travel), nano tech, robot, teleportasi dan lain sebagainya. Misalnya dalam film AntMan, manusia bisa mengecil sekecil semut.


Itu saja informasi mengenai genre film Sci-Fi beserta karakteristiknya yang menyebabkan saya antusias jika film yang saya tonton bergenre Sci-Fi. Akan tetapi sobat jangan sampai tenggelam didalam, kehidupan dunianya nyata selalu lebih baik.

Leave a Comment