Mengatasi WiFi Tidak Bisa Turned On dan Turned Off pada Windows 10 Terbaru

Mengaktifkan wifi yang mati pada Windows 10. Masalah yang sering terjadi ketika meninggalkan laptop / komputer terlalu lama sampai sleep atau terkunci, dapat mengakibatkan Wifi Turned Off dan sulit untuk dihidupkan kembali (baca: Turned On), cara mengatasi nya biasanya saya langsung Restart komputer/ laptop.

How to turn off Windows 10 Wi-Fi Sense Simple

Dan karena males juga setiap saat harus restart saya uji coba sendiri untuk melakukan setting, tanpa harus melakukan restart. Sebelumnya sobat harus mengetahui bagaimana kondisi wifi yang off (bukan disconnect)

( lihat judul gambar )
ket : WiFi OFF bertanda (X), WiFi DISCONNECT bertanda (*), sedangkan WiFi NO-SIGNAL bertanda (!)

Setelah sobat tahu, bahwa WiFi sobat Turned Off dan sulit untuk di aktifkan kembali (Turned On), silahkan lakukan tips berikut ini :

1. Klik kanan mouse pada icon Wifi kemudian klik tulisan “Open Network and Internet settings

2. Setelah muncul tampilan Network and Internet settings, klik “Change adapter settings

3. Klik mouse pada icon wifi, kemudian pada Tabs nonaktifkan dengan klik tulisan “Disable this network device

4. Terlihat bahwa kini kondisi Wifi sedang disable, setelah itu klik kembali wifi lalu aktifkan dengan klik tulisan “Enable this network device

5. Balik lagi ke icon Wifi kemudian klik, silahkan Turned On kan kembali.

6. Finish

Jika WiFi sobat bertanda seru, itu artinya provider internet sobat sedang bermasalah. Solusinya silahkan info ke costumer service nya, atau mengunggu paling lama 1×24 jam menunggu pemulihan dari sana nya.

Note : Adakalanya tutorial di atas tidak bekerja, bisa disebabkan
1. Apakah ada fisik switch on/off yang berada dilaptop dalam posisi off?
2. Bisa jadi driver WiFi sobat tidak terbaca, update driver WiFi sobat ke versi terbaru
3. Silahkan di Instal Ulang, jika tetap sama aja, berarti hardware WiFi sudah bermasalah, sobat bisa membeli “WiFi USB External (penangkap sinyal WiFi)” dengan harga sekitar 100K.


Sekian tutorial yang saya sampaikan tentang cara memulihkan kembali wifi pada windows 10, cukup mudah dan simpel, mudah-mudahan bisa membantu permasalahan sobat.

Leave a Comment