Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Beethoven ke-245

advertisement
Pada tanggal 17 Desember 2015, Google Doodle memperingati 245th Beethoven, ada yang menarik pada doodle kali ini, yaitu kita diharuskan untuk menyusun part-part lagu yang telah diacak menjadi susunan lagu Beethoven itu sendiri..

Celebrating Ludwig van Beethoven's 245th Year Doodle


Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Beethoven ke-245


Siapa itu Beethoven ?

Ludwig van Beethoven adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman yang lahir 17 Desember 1770 di Bonn, dan wafat 26 Maret 1827 di Wina. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise.

Pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli, ketuliannya semakin parah sampai pada tahun 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.

Kalo sobat harus menikah ya, oh iya untuk lagu yang harus sobat susun nadanya adalah

1. Fifth Symphony


Fifth Symphony

Simfoni No. 5 (Fifth Symphony) dalam D minor, Op. 117 ditulis oleh Ludwig van Beethoven antara tahun 1804-1808, salah satu dari komposisi musik klasik Eropa terpopuler, juga yang paling banyak dimainkan. Pertama kali dipertunjukkan di Theater an der Wien, Wina pada tahun 1808, karya ini mencapai reputasi luar biasa segera setelah itu. E.T.A. Hoffmann menyebut bahwa simfoni itu adalah "salah satu karya terpenting pada masa itu".


2. Fur Elise


Fur Elise

Para peneliti Beethoven tidak tahu siapa sebenarnya Elise yang dimaksud. Teori yang terkenal mengatakan bahwa pada mulanya karya tersebut berjudul Für Therese. Therese yang dimaksud adalah Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851), wanita yang ingin dinikahi Beethoven tahun 1810. Sayangnya, ia menikahi pria lain sebelum Beethoven menyatakan perasaan cinta kepadanya. Ia adalah puteri seorang saudagar dari Wina, Jacob Malfatti von Rohrenbach (1769-1829). Ketika karya tersebut dipublikasikan tahun 1865, penemunya, Ludwig Nohl, salah menyalin judulnya sehingga menjadi "Für Elise".


3. Moonlight Sonata


Moonlight Sonata

Piano Sonata no. 14 di C# minor "Quasi una Fantasia", op. 7 no. 2 adalah karya Ludwig van Beethoven, dikenal dengan nama Moonlight Sonata, diselesaikan pada tahun 1801. Lagu ini merupakan salah satu sonata Beethoven yang paling terkenal, dan merupakan salah satu komposisi piano yang paling hebat. Nama "Moonlight" Sonata diambil dari sebuah deskripsi dari Ludwig Rellstab, orang yang membandingkan lagu ini dengan cahaya bulan di danau Lucerne.


4. Ninth Symphony (Ode to Joy)


Ninth Symphony (Ode to Joy)

Simfoni No. 9 dalam tangga nada D minor adalah simfoni terakhir Ludwig van Beethoven, yang selesai digubah pada tahun 1824. Simfoni sepanjang 75 menit ini berisi bagian dari ode "An die Freude" (bahasa Inggris: Ode to Joy) karya Friedrich Schiller, sebagai teks yang dinyanyikan para solis dan paduan suara pada gerakan terakhir. Karya ini merupakan contoh pertama dari seorang komponis besar yang menggunakan suara manusia pada tingkat yang sama dengan instrumen-instrumen dalam sebuah simfoni.



Itu saja dulu, ayo sobat cobain untuk susun menyusun lagunya. sejarahnya dasyat juga ya, pantas saja karya-karya besarnya tidak pernah hilang oleh waktu.

Salam,
Admin
advertisement
SHARE ON :

Artikel Terkait

Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Beethoven ke-245
4/ 5
Oleh

Subsribe

Masukkan alamat email Sobat untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan pesan baru melalui email.

Load comments