Fungsi Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing

advertisement
Journal Kang Ibay - Perkembangan zaman yang sudah sangat modern ini tidak bisa kita hindari lagi atau mengelak. Termasuk juga pekembangan informasi yang dimana sudah dengan gampangnya kita dapatkan melalui media online.

Bagaimana tidak,kita lebih sering mengisi paket data atau mungkin mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif paket data daripada kita gunakan hanya untuk sms/tlp, dan sekarang kita juga lebih sering membuka website meski hanya untuk sekedar membaca artikel atau berita terkini yang jauh lebih efektif daripada berlangganan koran harian, atau lebih sering nonton youtube daripada nonton TV kecuali paketannya terbatas.

Fungsi Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing
source : www.adweek.com

Banyak hal yang tidak kita ketahui bahwa informasi seperti apapun selalu kita butuhkan atau mungkin sudah menjadi kebutuhan (baca : manusia yang haus akan informasi) menjadi bermanfaat atau tidak informasi tersebut yang disampaikan dan tentunya balik lagi kepada kita, bagaimana cara kita mampu menyerap informasi yang diberikan tersebut.

Karena informasi melalui media online sedikit banyak merubah cara pandang kita akan cepatnya informasi yang kita dapatkan, menggiring publik pada kondisi tertentu jauh lebih efektif, memasarkan produk yang kita punya jauh lebih murah bahkan bisa tanpa biaya (baca: gratis), berdasarkan kondisi tersebut ada hal yang bisa kita manfaatkan salah satunya dengan memanfaatkan blog yaitu :

Blog sebagai penyumbang konten marketing


Pada postingan kali ini saya akan mengulas berbagai macam promosi yang bisa kita lakukan melalui blog.

Toko Online


Banyaknya toko online manjadi indikasi bahwa sekarang tidak harus lagi door-to-door, sewa tempat atau membayar iklan yang mahal jika kita ingin menjadi seorang pengusaha dalam memasarkan produk yang kita punya.

Cukup dengan membayar hosting / domain per-tahun kita sudah mempunyai lapak yang bebas tanpa harus takut di gusur.

Solusi lain adalah Blogspot atau Wordpress jika sobat ingin membuatnya gratis atau mendaftarkan diri pada website penyedia tempat untuk memasarkan produk dengan membagikan ulasannya melalui blog yang kita punya.

Toko Online
source : www.sommer.eu

Saking banyaknya, kita tidak tahu mana toko online yang terpercaya mana yang tidak sehingga kita harus berhati-hati agar tidak terjadi penipuan. Itu juga yang menjadi salah satu tugas kita sebagai pemilik toko online, bagaimana kita menyakinkan calon pembeli bahwa toko online kita terpercaya bukan toko online abal-abal yang akan menjerat calon pembeli, diluar dari strategi pemasaran yang harus dioptimalkan.

Review Produk


Saya pernah membaca tentang review ketika seseorang berkunjung ke sebuah rumah makan melalui blognya, dan merekomendasikan pembacanya untuk mencoba makan di rumah makan tersebut.

Hanya sekedar review, tak disangka rumah makan tersebut mengirim sebuah komentar pada postingannya dengan mengucapkan terima kasih atas review yang diberikan dan pihak rumah makanpun memberikan voucher makan seacara cuma-cuma untuk sang empu nya blog. enak bukan?

Review Produk
source : www.humanproofdesigns.com

Banyak sekali blog yang mereview suatu produk tanpa di bayar sepeserpun oleh si empunya produk sehingga menghasilkan informasi apa adanya baik itu tentang kelebihan ataupun kekurangan, jadi kita sebagai calon pembeli bisa tahu tanpa harus kita miliki produk yang kita inginkan itu.

Tidak sedikit juga blog yang dibayar untuk mereview produk kita secara profesional yang diulasnya kedalam bentuk artikel yang bisa diperjual-belikan

Ketika mereview sebuah produk secara tidak langsung kita sudah mempromosikan produk tersebut.

Bagaimana kita bisa tahu, blog tersebut mereview produk secara benar dan jujur? Kita bisa melihatnya dari cara dia menyampaikan informasi kepada kita, biasanya blog yang jujur selalu mencantumkan kekurangan dari produk yang telah dia review.

Kenapa demikian? itu menunjukan bahwa dia tidak terikat oleh produk tersebut dan tidak ada keuntungan apapun yang akan dia dapatkan dari apa yang telah dia sampaikan.

Kompetisi SEO


Mengikuti kompetisi SEO menjadikan Blog kita sebagai media promosi produk yang ingin mendapatkan kesan tertentu dan bisa juga menggiring publik menemukan niche keyword untuk produk tersebut.

Kompetisi SEO
source : www.baggies47.com

Setiap kompetisi SEO yang diikuti tentu kita mengulas kelebihannya bukan kekurangannya itu lah yang membedakan Kontes SEO dengan Review Produk.

Ketika salah satu perusahaan ingin menggiring publik kepada "Produk terbaik pencuci piring adalah Produk Kita", maka bisa membuat kompetisi SEO Blog, dengan tema "Produk Pencuci Piring Kita adalah Produk Terbaik". Maka isi artikel yang akan disampaikan yaitu tentang kelebihan produk kita dibandingkan merek produk yang lain, sehingga menempatkan posisi puncak untuk keyword "pencuci piring terbaik".

Perusahaan sebaiknya memanfaatkan hal tersebut untuk mendongkrak kesan positif dengan mengadakan lomba SEO. Dan kita sebagai peserta (baca : pemilik blog) dengan kerendahan hati mengulas secara tuntas tema yang di lomba kan dengan membuat artikel sebaik mungkin siapa tau beruntung mendapatkan hadiahnya.

Sekian ulasan saya mengenai fungsi blog sebagai penyumbang konten marketing, semoga bermanfaat.

Salam,
Admin
advertisement
SHARE ON :

Artikel Terkait

Fungsi Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing
4/ 5
Oleh

Subsribe

Masukkan alamat email Sobat untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan pesan baru melalui email.

Load comments